jump to navigation

Selamat Jalan Pahlawan Demokrasi Indonesia 2 January 2010

Posted by zaidromly in Suara Pembaca.
trackback

Gus Dur dan Pembaharuan Islam di Indonesia
Ahmad Hudaifah – suaraPembaca.Detik.com



Jakarta – KH Abdurrahman Wahid atau yang lebih akrab disapa dengan Gus Dur telah dipanggil ke haribaan Allah SWT pada tanggal 30 Desember 2009 pukul 18.45 di RSCM Jakarta. Tokoh unik dan kontroversial ini terkenal dengan ide pluralism dan kebhinekaan dalam berbangsa dan bernegara.


Gus Dur yang sejak kecil dilahirkan dari kalangan Nhdlatul Ulama (NU) memang ditakdirkan menjadi tokoh yang berada di persimpangan jalan. Artinya selalu berada pada sisi yang berlainan bagi masyarakat awam.



Pemikiran beliau sering kali dianggap di luar nalar dan logika masyarakat pada umumnya. Atau dengan kata lain jauh melampaui zaman dan masanya. Di antara pemikiran besar beliau tertuang dalam buku Islamku, Islam Anda, Islam Kita. Dalam buku ini Gus Dur membahas tentang bagaimana Islam bertoleransi terhadap umat beragama lainya.


Pluralisme dan Pembelaan adalah dua kata kunci dalam berbagai pemikiran yang terkumpulan dalam berbagai tulisan Abdurrahman Wahid ini. Tulisan ini berangkat dari perspektif korban. Terutama minoritas agama, gender, keyakinan, etnis, warna kulit, posisi sosial.


Gus Dur menyatakan bahwa ‘Tuhan tidak perlu dibela, tapi umat-Nya atau manusia pada umumnya justru perlu dibela’. Salah satu konsekuensi dari pembelaan adalah kritik, dan terkadang terpaksa harus mengecam, jika sudah melewati ambang toleransi. Keberanian beliau dalam membuka sekat dan penghalang yang menimbulkan penindasan bagi sebagian kelompok baik secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada keterbukaan di Indonesia.


Gus Dur pada sisi yang lain juga ikut menyumbangkan pemikiran, tenaga, dan perhatiannya bagi keterbukaan alam masyarakat Indonesia untuk berbagai macam hal. Tidak hanya demokrasi dan kebebasan berkarya. Bahkan, kalau kita lihat secara lebih teliti, beliau juga memiliki sumbangsih bagi masuknya berbagai macam pemikiran dan pembaharuan Islam.


Puncaknya adalah pasca jatuhnya Orde Baru. Kita masih ingat bahwa lawan Orde baru yang paling disegani adalah Gus Dur dan pemikirannya terhadap alam demokrasi di Indonesia. Sampai dengan saat ini beliau adalah sebagaian tokoh pejuang demokrasi di Indonesia dan dunia. Terutama gagasannya tentang demokrasi dan wacana keagamaannya yang begitu mendalam. Beliau berusaha mempertarungkan demokrasi dan nilai-nilai dasar Islam dalam aplikasi kehidupan berbangsa dan bernegara.


Dengan terbukanya suasana berdemokrasi memiliki dampak yang signifikan terhadap berkembangnya berbagai macam pemikiran, ide, dan jalan hidup masyarakat. Hal ini disebabkan karena demokrasi memungkinkan bagi sebagian kecil masyarakat atau sebagian besar masyarakat menuangkan berbagai macam gagasan dan keinginanya dalam hal tertentu. Terutama dalam hal menafsirkan Islam sesuai dengan kaidah yang benar.


Dari sinilah maka kita bisa melihat warna dari berbagai macam pemikiran Islam di Indonesia saat ini. Mulai dari Islam fundamentalis sampai dengan Islam liberal. Dan, kalau kita lihat secara lebih seksama hanya di Indonesia kita bisa melihat warna dari Islam yang begitu beragam, dan tidak mungkin kita temui di tempat atau negara yang lain.


Selamat jalan Gus Dur. Sebagai manusia beliau juga memiliki salah dan khilaf. Begitu besar jasamu bagi bangsa ini. Ketika beliau masih sehat terkadang kita juga merasa jengkel atas sifat pemikiranya yang kita anggap belum sesuai bagi masyarakat Indonesia dan komunitas Islam pada umumnya. Namun, sebaiknya sebagai manusia juga kita saling memaafkan dan mendoakan serta mengambil hal yang kita anggap baik. Semoga Allah menerima amal ibadah beliau.


Selamat Jalan Gus. Semoga amal ibadah Panjenengan diterima Allah SWT.



Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: